Mengenal CMS Drupal

Best Magazine Themes
>> Mengenal CMS Drupal

Kali ini postingan saya akan membahas mengenai CMS Drupal, yang sebelumnya telah saya tulis di artikel Macam – Macam CMS. bagi yang belum tahu apa itu CMS Anda bisa membaca bahasan saya kemarin mengenai Pengertian CMS disini. 

Drupal adalah sebuah perangkat lunak Content Management System (CMS) yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

Drupal dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasangkan pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung Drupal diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan FreeBSD.

Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web.

Awal mula drupal muncul,  Drupal diciptakan dari sebuah percobaan sederhana, tepatnya pada tahun 2000 Dries Buytaert dan Hans Snijder yang merupakan mahasiswa dari Universitas Antwerp, membuat sebuah website sederhana untuk keperluan diskusi, melaporkan status jaringan komputer atau sekedar berbagai informasi bersama teman-temannya. Sekian lama software ini tidak mempunyai nama sampai pada akhirnya mereka lulus kuliah dan memutuskan untuk menempatkan website ini secara online agar mereka tetap dapat saling berkomunikasi. Nama sebenarnya yang dipilih oleh Dries Buytaert adalah “dorp.org” yang berarti “desa atau dusun” dalam bahasa Belanda tetapi karena salah lihat pada daftar domain yang tersedia maka terpilih “drop.org”.

Setelah online maka beberapa fasilitas ditambahkan pada website ini seperti moderation, syndication, rating, dan distributed authentication. Pada Januari 2001, Dries Buytaert memutuskan untuk melepas drop.org dengan nama “Drupal” dengan tujuan agar orang lain dapat menggunakan dan mengembangkan platform ini. Drupal sendiri berasal dari sebuah kata druppel” yang berarti “drop”.

Bagi yang ingin mencoba silahkan download di Situs resminya DISINI . good Luck
Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Mengenal CMS Drupal , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

1 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:
imampamungkas mengatakan...

Baru mau belajar drupal nih min ...
sepertinya menarik mudah-mudahan bisa :D


Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL