Cara Menginstal Opencart Di Localhost

Best Magazine Themes
>> Cara Menginstal Opencart Di Localhost

Hai kawan ManiaCMS bagaimana kabar ? tentunya tetep semangat kan? Ok deh sip. Setelah beberapa hari tidak menulis tutorial, kali ini akan saya tulis lagi tutorial – tutorialnya. Kali ini saya akan membahas mengenai cara menginstal opencart di localhost . mengapa harus diletakkan dilocalhost? Karena akan memudahkan kita saja dalam mengelolanya sebelum di onlinekan.
Sebelumnya saya pernah membahas apa itu opencart, kalau belum tahu silahkan dibaca artikel saya sebelumnya disini. Ok semua sudah saya asumsikan kawan ManiCMS sudah menginstal xampp di Komputer masing – masing, disini saya menggunakan xampp versi terbaru yaitu win32-1.7.7 , tutorial cara menginstal xampp pada computer bisa di klik disini. Dan juga telah mendowload file opencart di website resminya disini, saya menggunakan versi terbarunya yaitu opencart V.1.5.1.3 Selengkapnya silahkan ikuti step by step dibawah ini :
  • Pastikan file Opencart sudah di exstrak, lalu copy / cut filenya di D:xampp/htdocs (tergantung kawan menyimpan instalan xampp , bila di C ya cari di C) . dan jangan lupa rename folder tersebut, biasanya nama folder file setelah diexstrak adalah  upload, nah kita rename menjadi opencart, fungsinya untuk memudahkan saja saat pengelolaannya.
  • Lalu Buat sebuah database, caranya buka browser kamu dan ketik urlnya seperti ini localhost/phpmyadmin setelah itu kawan akan menemui tampilan dari phpmyadmin. pilih basis data dan silahkan buat databasenya. (saya beri nama databasenya opencart).
    Tampilan Membuat Database
  • Setelah kawan selesai membuat database, sekarang saatnya instalasi opencart dimulai, dengan mengarahkan urlnya seperti ini www.localhost/opencart (nama folder di htdocs adalah opencart, jika anda telah mengubah namanya tinggal menyesuaikan saja). nantinya akan tampil seperti gambar dibawah ini.
centang i agree terus continue
Continue saja
  • Disini kawan - kawan masuk pada direktori database connection, yang intinya kita mengkoneksikan opencart dengan database yang telah kita buat tadi, pertama isi hostnamenya "localhost" , username "root" (root default dari xampp), jika dalam koneksi database phpmyadmin anda beri password maka isi pasword tersebut. jika tidak menggunakan bisa di kosongkan, databasename "opencart" (sesuai yang kita buat tadi). Lalu isi username yang akan kawan gunakan saat login di opencart nanti, terus password dan mengisi email. setelah semua selesai bisa di continue.
form database conections
  • Terakhir jika kawan ManiaCMS berhasil distep database connection, maka tampilan selanjutnya adalah seperti dibawah ini. Dari sini kita hapus file instalnya. Masuk di D:Xampp/htdocs/opencart lalu hapus folder install. Buka browser lagi ketik localhost/opencart untuk melihat tampilan websitenya dan buka localhost/opencart/admin untuk masuk ke menu administratornya. Masuk dengan username dan password yang telah kawan buat tadi. Dan tampilanya seperti dibawah ini.
Step Finish
Tampilan Opencart
Tampilan Administrator
Sekian pembahasan mengenai cara menginstal opencart di localhost dan sampai ketemu dipokok bahasan yang lain. Bila ada pertanyaan bias tinggalkan komentar dibawah ini. Terimakasih dan good luck ..
Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Cara Menginstal Opencart Di Localhost , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

23 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:
aurora mengatakan...

masih bngung??ada gak yang lbih simple???tp ane coba dlu...thanks info nya gan...

CFadheli mengatakan...

@Aris Bingungnya darimana gan? memang step stepnya begitu . . and sudah ane rinci . . :)

Satriyo Arif mengatakan...

Nice... nih infonya.....

CFadheli mengatakan...

@Satriyo Terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Sob Banner sobat uda masuk di Blog aku, mohon verifikasinya agar banner or Link blog aku bisa terpasng di blog sobat... salam kenal ya.. sukses buat blognya. thanks.

CFadheli mengatakan...

@Miss Love Ok terimakasih gan , ini lagi meluncur k TKP dulu. salam kenal

Anonim mengatakan...

,misal kkgk pakai cara diatas bisa gak mas bro...

CFadheli mengatakan...

@openstutor Terus mau pakai cara yang gmn lagi gan ^_^ ? itu step2 dalam menginstal di localhost. hampir sama kalau mau di instal langsung di web hosting. terimakasih kunjungannya .

twentyfourphotography mengatakan...

#Sudah berhasil, thanks admin tutorialnya...!

CFadheli mengatakan...

@twentyfourphotography Terimakasih, senang bisa membantu :)

O.M. Choiry mengatakan...

gan, pas di langkah ini www.localhost/opencart kog gagal terus napa yaa?
mohon bantuannya

CFadheli mengatakan...

@O.M. Choiry File data opencart di htdoct pastikan nama foldernya opencart :) terimakasih

AndLove mengatakan...

makasih gan tutorialnya...
udah jalan sesuai rencana..

CFadheli mengatakan...

@AndLove Sip deh . . selamat meng-oprek2 opencart kawan :)

newbie mengatakan...

gan pada saat di step2-pre instalation register globals ma magic quotes GPC nya status nya bukan tanda centang tapi tanda - itu ngaruh apa ga ?kalo ngaruh gmn cara ngrubahnya ?

CFadheli mengatakan...

@newbie sebenarnya berpengaruh. register global itu digunakan saat user akan melakukan cek out pemesanan. user terlebih dahulu untuk mendaftar . mungkin versi php nya tidak sesuai . :) coba download xampp yang versi terbaru . terimakasih

ardi mengatakan...

Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!???

CFadheli mengatakan...

@ardi edit file php nya coba di cek gan . . atau kalau ndak di restart dulu apache nya . . texs

Anonim mengatakan...

kenapa ya kok saya coba muncul tulisan "Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!".. mohon penjelasannya.. thanks..

newbie mengatakan...

maksudnya edit file php nya atau kalau ndak di restart dulu apache bagaimana ya? thanks...

DR mengatakan...

thx buat artikelnya. bs bantu ga kalo ada error messages " Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!" .....

CFadheli mengatakan...

@newbie Apache nya coba di restart terlebih dahulu

aji mengatakan...

ane sama masalahnya " Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!" apachenya udah ane restart, terus ane udah coba ganti
dari lokasi C:\xampp\php\php.ini

“;extension=php_curl.dll” jadi kaya gini

“extension=php_curl.dll” masih gak bisa ya kang.
itu apanya lagi ??


Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL