Home » CMS Opencart tutorial OpenCart » Melayani Transaksi Order Pembeli Di CMS OpenCart

Melayani Transaksi Order Pembeli Di CMS OpenCart

Best Magazine Themes
Melayani Transaksi Order Pembeli Di CMS OpenCart

Salam hangat untuk kita semua. Langsung saja Karena banyak sekali Email masuk yang menanyakan mengenai bagaimana cara memenej order jika ada seseorang yang melakukan pembelian di online store yang berbasis CMS OpenCart. Mungkin ada yang sudah tahu taupun ada yang belum. Maka dari itu kita akan membahas bagaimana seharusnya si admin lakukan jika mendapatkan order dari pembeli. Melayani Transaksi Order Pembeli Di CMS OpenCart

Ada beberapa step yang perlu diperhatikan, karena kita tahu sendiri bahwasanya CMS OpenCart memiliki beberapa fitur yang memungkinkan sebuah online store bisa di menej secara professional. Dan disini penulis tidak akan menjabarkan kembali mengenai apa itu opencart secara spesifik namun kawan semua bisa membaca artikel lebih jelasnya disini.

Langsung saja karena kita akan membahas mengenai bagaimana seorang admin melayani sebuah order dari pembeli, maka penulis asumsikan bahwa sudah terdapat order dari seorang pembeli bernama glen yang membeli sebuah iPhone pada toko kita.
  • Login terlebih dahulu sebagai administrator di situs opencart kamu.
  • Pilih menu Sales Lalu pilih Submenu Order maka akan ditampilkan sebuah list transaksi klien yang mengorder barang. Pilih transaksi pada seorang pembeli yang kita contohkan tadi bernama glen dengan memilih view.

List Order
  • Disini kita akan menjumpai tampilan dengan beberapa menu, terdapat Order Details, Payment Details, Shipping Details, Products, dan Order History.
Order Details : rincian dari apa yang sedang dipesan dari pembeli
Order Details
Payment Details : berisi mengenai informasi pengiriman uang
Shipping Details : Yakni berisi mengenai informasi lengkap tentang metode pengirimannya
Products : berisi rincian barang serta nilai transaksi yang di order / pesan
Products
Order History : digunakan untuk melihat rekam transaksi. Disini seorang admin akan menginformasikan kepada akun member klien yang terdapat di situ kita. Nanti disini seorang admin bisa berkomunikasi dengan klien nya dan sebaliknya

  • Setelah barang mulai dikirim kita dapat memberikan informasi kepada pembeli dengan cara merubah order status pada Order History. Yang nantinya akan ditampilkan juga kepada member di history ordernya. Dan begitu juga sampai barang terkirim dengan memberikan informasi order status complete.

Nah saat kita hendak mengirimkan barang kita juga dapat menyertakan struk transaksi yang dapat di cetak secara otomatis, dengan memilih fungsi Print Invoice di sebelah kanan atas pada menu order.
Order History

Cetak Faktur
Nah kurang lebihnya seperti itu bagaimana seorang admin bertransaksi kepada pembeli dengan menggunakan CMS berbasis OpenCart. Semoga bisa bermanfaat . . dan semoga laris dagangannya. Good luck

Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Melayani Transaksi Order Pembeli Di CMS OpenCart , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

2 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:
saehae mengatakan...

opencart.. musti dipelajari ini.. (y)
kak Dudul, bisa g sih bikin template sendiri buat opencart kak?

Kak DuduL mengatakan...

@saehae Wehehe . . Sementara Belum Bisa :D Mending Ngedit2 yang udah ada saja :v


Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL