Salam
hangat untuk kita semua. Langsung saja Karena banyak sekali Email masuk yang menanyakan
mengenai bagaimana cara memenej order jika ada seseorang yang melakukan
pembelian di online store yang berbasis CMS OpenCart. Mungkin ada yang sudah
tahu taupun ada yang belum. Maka dari itu kita akan membahas bagaimana
seharusnya si admin lakukan jika mendapatkan order dari pembeli. Melayani
Transaksi Order Pembeli Di CMS OpenCart
Ada
beberapa step yang perlu diperhatikan, karena kita tahu sendiri bahwasanya CMS OpenCart memiliki beberapa fitur yang memungkinkan sebuah online store bisa di
menej secara professional. Dan disini penulis tidak akan menjabarkan kembali
mengenai apa itu opencart secara spesifik namun kawan semua bisa membaca
artikel lebih jelasnya disini.
Langsung
saja karena kita akan membahas mengenai bagaimana seorang admin melayani sebuah
order dari pembeli, maka penulis asumsikan bahwa sudah terdapat order dari
seorang pembeli bernama glen yang membeli sebuah iPhone pada toko kita.
- Login terlebih dahulu sebagai administrator di situs opencart kamu.
- Pilih menu Sales Lalu pilih Submenu Order maka akan ditampilkan sebuah list transaksi klien yang mengorder barang. Pilih transaksi pada seorang pembeli yang kita contohkan tadi bernama glen dengan memilih view.
List Order |
- Disini kita akan menjumpai tampilan dengan beberapa menu, terdapat Order Details, Payment Details, Shipping Details, Products, dan Order History.
Order Details : rincian dari apa yang sedang dipesan dari pembeli
Shipping Details : Yakni berisi mengenai informasi lengkap tentang metode pengirimannyaProducts : berisi rincian barang serta nilai transaksi yang di order / pesan
Products |
Order History : digunakan untuk melihat rekam transaksi. Disini seorang admin akan menginformasikan kepada akun member klien yang terdapat di situ kita. Nanti disini seorang admin bisa berkomunikasi dengan klien nya dan sebaliknya
- Setelah barang mulai dikirim kita dapat memberikan informasi kepada pembeli dengan cara merubah order status pada Order History. Yang nantinya akan ditampilkan juga kepada member di history ordernya. Dan begitu juga sampai barang terkirim dengan memberikan informasi order status complete.
Nah
saat kita hendak mengirimkan barang kita juga dapat menyertakan struk transaksi
yang dapat di cetak secara otomatis, dengan memilih fungsi Print Invoice di sebelah
kanan atas pada menu order.
Cetak Faktur |
2 komentar :
opencart.. musti dipelajari ini.. (y)
kak Dudul, bisa g sih bikin template sendiri buat opencart kak?
@saehae Wehehe . . Sementara Belum Bisa :D Mending Ngedit2 yang udah ada saja :v
Posting Komentar
Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id
1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)