Home » Codeigniter Framework » Kelebihan Dan Kekurangan Framework Codeigniter

Kelebihan Dan Kekurangan Framework Codeigniter

Best Magazine Themes
Kelebihan Dan Kekurangan Framework Codeigniter

Setelah sebelumnya Mengetahui Apa itu Codeigniter, sekarang mari kita bahas mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Framework Codeigniter. Kenapa penulis membahas CI? Karena saat ini lagi nabung belajar, soalnya ni framework mantep abis. Oke kembali ke pembahasan, Pastinya setiap Framework memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, begitu pula dengan Framework Codeigniter.


Framework Codeigniter mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
  • Gratis
Codeigniter dilisensikan dibawah lisensi Apache/BSD style open source. Jadi ini berarti Codeigniter dapat dipakai secara bebas.
  • Support PHP4 dan PHP5
Walau saat ini PHP telah mencapai versi 5 bahkan versi 6, namun masih banyak juga orang – orang yang memakai PHP4. Oleh sebab itu, pengembang Framework Codeigniter memperhatikan betul setiap pengguna, oleh karenanya Framework Codeigniter dikembangkan agar mampu berjalan baik PHP4 Maupun PHP5.
  • Ukuran File Kecil dan Cepat
Dibandingkan dengan Framework lain, semisal CakePHP, Codeigniter adalah alternative bagi kamu yang menginginkan akses yang cepat. Kenapa bisa cepat? Karena Codeigniter hanya me-load fungsi atau library yang digunakan saja, berbeda dengan Framework lainnya yang menggunakan seluruh library walaupun library tersebut tidak digunakan. Alasan inilah yang menjadikan Codeigniter dengan akses tercepat dan ringan.
  • Dokumentasi
Framework yang baik pastinya dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap dan mendukung, agar bisa mudah dipahami oleh penggunanya. Didukung oleh User Guide yang mudah dimengerti, dari mulai install sampai pada fungsi-fungsinya semua ada.
  • Memakai konsep MVC
Codeigniter memakai konsep MVC (Model View Controller), konsep modern yang banyak dipakai oleh framework PHP lainnya. Dengan adanya MVC, Pengerjaan antara logika dengan layout telah dipisahkan, sehingga antara si programmer dan designer dapat santai melakukan tugasnya.
  • Komunitas
Framework Codeigniter memiliki sebuah komunitas, kamu bisa bergabung pada situs codeigniter.com/forums

Disamping kelebihan atau keuntungan, Framework Codeigniter juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan diantaranya adalah :
  1. Codeigniter dikembangkan oleh Ellislab dan bukan oleh suatu komunitas, yang menyebabkan update core engine-nya tidak secepat framework lain.
  2. Tidak ditujukan untuk pembuatan web dengan skala besar (enterprise) walaupun tersedia banyak library.
  3. Masih banyak kelonggaran dalam hal coding, misalnya bebas dalam menambah file.
  4. Tidak mencerminkan MVC yang sesungguhnya, misalnya penulisan echo masih dapat dilakukan pada file controller.

Demikian ulasan mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Framework Codeigniter. Semoga bermanfaat. salam
Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Kelebihan Dan Kekurangan Framework Codeigniter , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

0 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL