Home » Codeigniter Framework » Mengenal Konsep MVC Framework CodeIgniter

Mengenal Konsep MVC Framework CodeIgniter

Best Magazine Themes

Setelah sebelumnya membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Framework CodeIgniter, kali ini mari kita Mengenal Konsep MVC Framework CodeIgniter. MVC Merupakan singkatan dari Model View Controller, yaitu merupakan alur kerja dari Framework CodeIgniter. Dengan konsep MVC ini, segala macam logika dan layout telah dipisahkan, sehingga programmer dan Designer bisa mengerjakan masing – masing tugasnya secara focus. Konsep MVC ini bisa menuntun para pembuat program untuk membangun web dengan cara terstruktur.

Dilihat dari cara kerjanya. Framework CodeIgniter menekankan pada MVC. Untuk alurnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Model, dipakai sebagai presentasi database. Berbeda dengan Framework CakePHP. Dalam CodeIgniter segala macam perintah – perintah Query SQL diletakkan dalam file model, seperti insert, edit, delete dan select. Karena semua itu berhubungan dengan database.

Controller, dipakai sebagai pengendali (control) antara View dan Model melalui permintaan dari http.

View, suatu halaman khusus yang digunakan untuk menyajikan informasi kepada client. Secara definisi, segala macam permintaan yang dikelola oleh controller dan model, akan dikembalikan kepada view sesuai hasil permintaan yang di request.

Sudah sedikit mengerti kan bagaimana Konsep MVC Codeigniter. Semoga bermanfaat dan good luck.
Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Mengenal Konsep MVC Framework CodeIgniter , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

0 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL