Home » CMS instalasi joomla Localhost xampp » Cara Menginstal Joomla di Localhost

Cara Menginstal Joomla di Localhost

Best Magazine Themes
>> Cara menginstal joomla di localhost

Semangaat ….!! hehe . . setelah kemarin menulis tutorial cara menginstal wordpress dilocalhost xampp , kali ini saya akan meneruskan pokok bahasan tentang install menginstal hehe . . kali ini bahasan kita adalah cara menginstal joomla di localhost xampp . pada prinsipnya adalah sama dengan menginstal wordpress, yang berbeda hanya suasana tampilan instalasi masing – masing CMS hehe..

Okay sebelumnya anda sudah mengerti kan apa itu joomla? (udah panjang lebar jelasin tiba2 belum tahu hehe). Bila belum tahu silahkan dibaca dahulu apa itu pengertian joomla dipostingan saya sebelumnya. Dipahami sebelum melangkah lebih jauh .
Oke jadi anda sudah paham kan apa itu joomla? Lanjut saja mari kita bahas bagaimana cara menginstalnya. Siapkan apa – apa yang akan dibutuhkan, Download file joomla dan usahakan computer anda telah terinstal xampp. Selengkapnya simak dibawah ini :
  • Pastikan file joomla telah di exstrak, lalu copy / cut filenya di D:xampp/htdocs (tergantung kawan menyimpan instalan xampp , bila di C ya cari di C) . dan jangan lupa rename folder tersebut, biasanya setelah kita mendownload pasti nama foldernya panjang, nah kita rename menjadi joomla saja, fungsinya apa? untuk memudahkan saja saat pengelolaannya.
  • Lalu Buat sebuah database, caranya buka browser kamu dan ketik urlnya seperti ini localhost/phpmyadmin setelah itu kawan akan menemui tampilan dari phpmyadmin. pilih basis data dan silahkan buat databasenya. (saya kasih nama databasenya joomla)
Tampilan database
  • Setelah anda selesai membuat database, sekarang saatnya instalasi joomla dimulai, dengan mengarahkan urlnya seperti ini www.localhost/joomla (nama folder di htdocts adalah joomla, jika anda telah mengubah namanya tinggal menyesuaikan saja). nantinya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

pilih bahasa lalu next


next saja


licensi next saja
  • Disini kawan - kawan masuk pada direktori database connection, yang intinya kita mengkoneksikan joomla dengan database yang telah kita buat tadi, pertama pilih database tipe "mysqli" , lalu isi hostnamenya "localhost" , username "root" (root default dari xampp), jika dalam koneksi database phpmyadmin anda beri password maka isi pasword tersebut. jika tidak menggunakan bisa di kosongkan, databasename "joomla" (sesuai yang kita buat tadi). selanjutnya tabel previk dan juga old database process biarkan default bawaan joomla. setelah semua selesai bisa di next

form database connection


Setting ftp lewati saja


Silahkan isi data tentang web yang akan dibuat | Next


finish, hapus direktori folder intalasi


Atau bisa secara manual seperti ini
login di localhost/joomla/administrator pada browser


Dan ini tampilan menu administratornyaa
Bagaimana kawan Mania CMS seru kan? hehe . . bila masih ada yang bingung silahkan komentar dibawah ini, dengan senang hati saya akan membantu problem yang kawan - kawan anggap perlu untuk di pertanyakan. demikianlah tutorial cara menginstal joomla di localhost. nantikan tutorial - tutorial selanjutnya. GOOD LUCK . . . !!
Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Cara Menginstal Joomla di Localhost , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

6 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:
Dwi Yulianto mengatakan...

wah ini blog ajib banged deh..sekalian saya bisa belajar joomla.. :)
buat web sekolah dengan jommla sob :D
salam absen pagi hari :)

CFadheli mengatakan...

@DWI YULIANTO | THE-XPtapi musti butuh banyak informasi lagi tentang si joomla, tampilan nya juga sip, namun jika ingin memakai ini yg perlu diperhatikan adalah keamanannya. musti pinter2 ngaturnya. good luck ^_^

edogawa mengatakan...

wah wah wah, matap gan :)

ijin sedot ya gan ilmunya ......

CFadheli mengatakan...

@edogawaSeilahkan, senang sekali bisa membantu :) . txs juga udah berkunjung :D

Fuma Fashion mengatakan...

salam kenal :)
Artikelnya berisi ilmu semua...kebetulan saya suka n mo ngebangun usaha/dagang lewat internet cuman ngga punya modal/uang Huft..
Andai saja ada pembimbing/tutorial cara buat website toko online yg ikhlas ngajarin/gratis :(

CFadheli mengatakan...

@Fuma Fashion Terimakasih sebelumnya, memang disini di fokuskan untuk segala macam pembelajaran mengenai pembuatan website menggunakan basis CMS..
untuk berbisnis di dunia maya memang banyak piranti yang gratis. namun jika ingin menunjukkan bahwa kita benar - benar ada alangkah lebih baiknya mengeluarkan modal sedikit lagi untuk menjamin dan meyakinkan para pengunjung. contoh sewa hosting and beli domain seperti NewGehi.com semoga sukses untuk anda :)


Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL