Home » CMS instalasi Prestashop Toko Online » Cara Menginstal Prestashop Di Localhost

Cara Menginstal Prestashop Di Localhost

Best Magazine Themes
>> Cara Menginstal Prestashop Di Localhost

Kawan ManiaCMS, pembahasan untuk kali ini adalah cara menginstal prestashop di localhost. Seperti sebelumnya apa sih prestashop itu? Bisa kawan baca di tulisan saya sebelumnya yang berjudul Ulasan Tentang Prestashop. PrestaShop adalah salah satu CMS e-commerce yang cukup populer dan paling banyak digunakan di Indonesia. Terbukti dengan adanya forum bahasa indonesia khusus di forum prestashop.
Ok semua sudah saya asumsikan sudah menginstal xampp di Komputer masing – masing, disini saya menggunakan xampp versi win32-1.7.4 , tutorial cara menginstal xampp pada computer bisa di klik disini. Dan juga telah mendowload file prestashop di website resminya disini, saya menggunakan versi terbarunya yaitu prestashop V1.4.7.0 Selengkapnya silahkan ikuti step by step dibawah ini :
  • Pastikan file Prestashop sudah di exstrak, lalu copy / cut filenya di D:xampp/htdocs (tergantung kawan menyimpan instalan xampp , bila di C ya cari di C).
  • Lalu Buat sebuah database, caranya buka browser kamu dan ketik urlnya seperti ini localhost/phpmyadmin setelah itu kawan akan menemui tampilan dari phpmyadmin. pilih basis data dan silahkan buat databasenya. (saya beri nama databasenya Prestashop).
Create Database
  • Setelah kawan selesai membuat database, sekarang saatnya instalasi Prestashop dimulai, dengan mengarahkan urlnya seperti ini www.localhost/Prestashop (nama folder di htdocs adalah Prestashop, jika anda telah mengubah namanya tinggal menyesuaikan saja). nantinya akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Licensi I agree lalu next
  • Disini kawan - kawan masuk pada direktori database connection, yang intinya kita mengkoneksikan Prestashop dengan database yang telah kita buat tadi, pertama isi Database server name nya "localhost" , databasename " Prestashop " (sesuai yang kita buat tadi).username "root" (root default dari xampp), jika dalam koneksi database phpmyadmin anda beri password maka isi pasword tersebut. jika tidak menggunakan bisa di kosongkan, di installation type pilih yang full mode. Setelah itu masukkan alamat email dan klik next.
Database Configuration | setelah selesai next lagi
  • pada langkah ini kita disuruh melengkapi informasi mengenai toko online yang akan kita buat. Meliputi nama toko dll. Untuk password di isi 8 digit. Setelah semua benar bisa klik next.
Informasi Toko Online Kita
  • Selamat instalasi anda telah berhasil kawan, upss.. namun belum benar – benar selesai. Pada step ini kita disuruh menghapus file / folder install di data prestashopnya. Caranya masuk ke folder xampp/htdocs/prestashop lalu cari folder install dan hapus.
Hapus Folder Instal
  • Lalu coba masuk ke panel admin nya. Caranya ketik di browser www.localhost/prestashop/admin . loh kok begini tampilanya? Nah dari sini kita juga disuruh merename folder admin di file prestashop. Caranya buka exploler xampp/htdocs/prestashop nanti rename folder admin menjadi admin123 (123 terserah, ini sebatas contoh)
Ganti Folder Admin
  • Lalu kawan semua coba masuk lagi di browser dengan mengetik localhost/prestashop/admin123 maka kawan semua akan menemui form login seperti dibawah ini.
Form Login
Tampilan administrator
Tampilan Toko Online Standart
Demikianlah tutorial cara menginstal prestashop di localhost . semoga bisa bermanfaat, bila ada yang masih bingung bisa meninggalkan komentar dibawah ini, dengan senang hati saya akan membatntu problem sahabat semua. Good luck
Premium Wordpress Themes

Penulis: CFadheli Lokasi: Balen, Bojonegoro - Jawatimur

Artikel Cara Menginstal Prestashop Di Localhost , diterbitkan oleh CFadheli . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Mania CMS Semua. CFadheli adalah Mahasiswa yang rada sontoloyo, namun tetap memiliki etika sopan santun.

17 komentar :

Buka Untuk lihat komentar yang masuk:
Unknown mengatakan...

aturan berkomentar banyak banget sich??

CFadheli mengatakan...

@aylla agar semua tertib dan membuat feedback yang baik pula. terimakasih

Rotua mengatakan...

Kayaknya typo nih D:xampp/htdocts ada t kelebihan

CFadheli mengatakan...

@Rotua Damanik Upsss .. maaf , akan segera dibenahi. terimakasih koreksinya :)

MalesLihat.com mengatakan...

Menarik untuk disimak lebih dalam tentang tutorial CMS prestashopnya!

CFadheli mengatakan...

@MalesLihat.com terimakasih kawan . . masih tahap penyusunan untuk yang lain, tunggu saja . salam kenal :)

ethernal mengatakan...

bro, sekarang kok ga bisa ya.. terutama pas verify host nya error mulu

CFadheli mengatakan...

@ethernal hmm mungkin tidak support dengan yang kamu gunakan bro . . coba dengan versi yang lain

Unknown mengatakan...

Sip..!! gan, trus klo ingin di jadikan domain / hosting gmn gan ?
Aviq Loviyan

CFadheli mengatakan...

@Tas Kulit Asli maksudnya di upload di web hosting? tunggu artikel selanjutnya ya :)

Anonim mengatakan...

kenapa begitu selesai semua di install ketika login ke admin tidak bisa masuk?malahan langsung tampil ke halaman utama web nya bukan ke login admin ketika admin telah diubah /tolong di bantu ya

Anonim mengatakan...

terimakasih, saya berhasil

Unknown mengatakan...

Mas kok saya sudah ikuti semua step, tp pada saat login tidak bisa mas, nama admin sudah di ganti, sudah masukan username dan password yg benar tp tidak bisa login , kenapa ya?

CFadheli mengatakan...

@Eby Andika folder install sudah dihapus belum.. silahkan di cek kembali.. terimakasih sudah mampir

Unknown mengatakan...

trimksih banyak Gan. infonya,, sangat membantu bngt, kbetulan saya lagi bru mempelajari nieh, sesuai dngan materi kuliah saya juga, dan sayanya masih awam Gan.. thanks yah Gan..izin copy yah Gan buat baca2...hhhmmmm

CFadheli mengatakan...

@Wantho Gea Ok silahkan ... salam kenal ..

Anonim mengatakan...

Terima kasih Gan..
dicoba dulu


Posting Komentar

Peraturan dan Tata Cara Berkomentar di ManiaCMS.web.id

1) Berkomentarlah Secara Sopan dan Tidak Melakukan Spaming
2) Berkomentar Sesuai Dengan Tema Artikel
3) Dilarang Menyertakan Link dalam Komentar
4) Beri Nama Jelas (jangan menggunakan nama Anonim)

 
Copyright © 2012 - 2014. Mania CMS . All Rights Reserved.
About | Contact Us | Privacy Policy | Site map
Family Of Mania PONSEL